Petani persiapan penyemprotan hama wereng
CAKRANEWS.NET, NGAWI-Warga Desa karangjati  Kecamatan Karangjati resah. Pasalnya,  hama wereng mulai mengancam lahan pertanian milik petani. Warga ramai-ramai melakukan penyemprotan di sejumlah lahan tanaman padi untuk menghalau  berkembangnya wereng agar tidak merusak tanaman padi.  Apabila dibiarkan,  hasil panen bakal terganggu.  

“Kita melakukan penyemprotan di sejumlah lahan  padi  secara bersama-bersama,” ujar Sojo,  Ketua kelompok Tani Ngudi Rahayu Desa arangjati pada Cakranews.net.

Menurut  Sojo, meskipun hama wereng belum  begitu parah menyerang tanaman padi milik warga, namun sejumlah tanaman sudah terlihat ditempeli  hama wereng. Wujudnya ada tanda  seperti serbuk putih menempel di pangkal padi.  Kalau ini  dibiarkan maka bisa berkembang ke tanaman lain.

                                 Hama wereng tumbuh di pangkal padi petani Karangjati

Senin (15/2/2020),  petani tergabung dalam kelompok tani melakukan  gerakan pengendalian hama wereng. Didampingi desa, penyuluh pertanian, korwil PPL BPP Karangjati, petugas POPT Ngawi.  Pengendalian dengan tindakan penyemprotan obat hama wereng  bersama.

Di desa tetangga, lahan padi juga  mulai ada tanda-tanda ada wereng. “Kita bersama-sama melakukan gerakan pengendalian wereng. Ini upaya lahiriah, tapi kita juga melakukan  upaya batiniah memohon kepada Alloh agar  lahan padi warga dihindarkan dari hama,” tuturnya.

rehat usai penyemprotan

Sebelum ancaman hama wereng ini, tambah Sojo, hama tikus juga sempat menyerang lahan padi milik petani dengan luar biasa. Warga juga melakukan gerakan bersama memberantas tikus. Selain itu warga sempat  istghosah  di sawah agar  terhindar dari hama tikus, sekaligus  berupaya ikhlas menghadapi musibah hama yang merupakan ujian ini.

Harapan pasca pengendalian hama wereng, lanjut Sojo, petani meminta agar pemerintah daerah atau dinas terkait  ttap terus melakukan pendampingan. Pendampingan ini sangat penting  supaya  hama wereng bisa dikendalikan hingga tidak berkembang. (rto)

 

Posting Komentar

 
Cakranews © 2016. All Rights Reserved. Shared by WpCoderX
Top