Shalat Jumat  di masjid An'Nur Beran, jamaah patuh ngikuti aturan  tak;mir masjid. 
CAKRANEWS.NET, NGAWI— Kendati  masih ada tempat ibadah kendor melaksanakan protokol kesehatan (prokes)  pencegahan penyebaran covid-19, namun sejak pandemi Covid-19 hingga sekarang masih ada sejumlah masjid  di Ngawi konsisten mengetrapkan prokes pencegahan penyebaran covid-19.  Mulai wajib  penggunaan masker, penggunaan alat pemeriksaan suhu, badan, cuci tangan, jaga jarak dan tindakan pencegahan lainnya, bagi jamaah,  takmir  maupun Imam.
Shalat Jumat di masjid Lintang Song, ring road Barat, khusyuk berjarak

Andaikan ada jamaah yang melanggar  atau tidak sesuai prokes,  akan ditegur petugas masjid. Disuruh balik atau dipersilahkan berada di luar masjid.  Alias tidak diperboleh masuk ke area masjid.  Konsisten dan sikap tegas takmir itu  terlihat di Masjid Agung Baiturrahman Alun-Alun Ngawi, Masjid Lintang Songo Jln Ringroad Barat, Masjid An’Nur  Beran.

“PC NU Ngawi  sejak awal  mewanti-wanti untuk mengetrapkan protoler pencegahan penyebaran Cod-19. Hingga sekarang bisa dilihat  sendiri,” ujar Samsul Hadi, Ketua Lembaga Ta’mir Masjid  NU (LTMNU)-PC NU Kabupaten Ngawi kepada CAKRANEWS.NET, usai shalat Jumat (12/02/2021).

Ketegasan pelaksanaan prokes di Lintang Songo, menurut Samsul, bagian dari komitmen takmir masjid dan PC NU peduli mengatasi persoalan pandemi Covid-19.  Pandemi  sudah  hampir setahun melanda, angka penderita juga belum turun. “Agar persoalan ibadah di masjid tetap jalan, maka kita harus memperketat  pelaksanaan prokes pencegahan Covid-19. Lagi pula  masjid Lintang Songo berada di jalan strategis dan jadi  jujugan umat untuk melaksanakan ibadah sholat.  “Muga ikhtiar dan doa kita dikabulkan sehingga pandemi ini segera berakhir,” kata Dosen STIT Islamiyah  Karya Pembangunan Paron Ngawi dan pengurus MUI ini.

Di Masjid Agung Baiturrahman Ngawi dan  masjid An’Nur  Beran, kesibukan prokes pencegahan penyebaran Covid-19 cukup terlihat. Petugas masjid di depan pintu gerbang  memberhentikan jamaah satu per satu.  Diukur  suhu badan. Bagi jamaah yang suhu badannya  di atas 37,3 derajat Celcius dipersilahkan tidak masuk ke area  masjid, demi menjaga kesehatan semua.

Masjid bekerjasama dengan Satgas Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 melakukan sosialiasi terkait pencegahan Covid-19. Termasuk dengan tim dari kepolisian setempat. “Saya suka masjid-masjid yang masih  mengetrapkan  prokes semacam ini, salah salah satunya  mewajibkan masker dan  jarak  saat sholat jamaah,” aku  Adam, salah seorang masjid di Lintang Songo. Ini juga diakui  beberapa jamaah di masjid besar Baiturrahman dan masjid An’Nur Beran. (rto)

Posting Komentar

 
Cakranews © 2016. All Rights Reserved. Shared by WpCoderX
Top