Program Kampung Tangguh Desa Grudo Kecamatan Ngawi Kabupaten ngawi

CAKRANEWS.NET, NGAWI - Program Kampung Tangguh Semeru di Desa Grudo, Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi, berdampak positif pada warga. Dampak positif dimaksudkan tidak hanya sebatas menjadi pencegah penyebaran Covid-19, namun juga membantu masyarakat  terdampak secara ekonomi. Program Kampung Tangguh di Desa Grudo dimulai pada pertengahan bulan Juni dengan dilaksanakan secara serentak di Kabupaten Ngawi.

Pada pelaksanaan pencegahan penyebaran Covid-19, program Kampung Tangguh di Desa Grudo diwujudkan dalam bentuk kegiatan pencegahan dan sosialisasi. Pencegahan dilakukan dengan pengecekan suhu tubuh pada warga yang datang dari luar daerah utamanya zona, penyiapan ruang karantina, dan pembagian masker pada masyarakat hingga melakukan penyemprotan disenfektan pada tempat-tempat yang berpotensi menjadi sarana penyebaran Covid-19. Sedang untuk sosialisasi, pemerintah Desa Grudo melakukan pemasangan banner himbauan di titik-titik keramaian. Himbauan itu meliputi pemakaian masker, sering cuci tangan dan jaga jarak dalam melakukan aktivitas. 

Untuk mengatasi dampak ekonomi akibat pandemi Covid-19, program Kampung Tangguh Semeru melalui Bidang Lumbung Pangan telah membagikan sembako berupa beras, minyak goreng, mie instan dan gula. Pembagian diutamakan bagi masyarakat kurang mampu dan terdampak langsung akibat kehilangan mata pencaharian karena pembatasan aktivitas kerja.

Selain itu, Bidang Lumbung Pangan juga mendistribusi bantuan berupa uang tunai kepada masyarakat secara bertahap. Bantuan uang tunai diprioritaskan pada masyarakat terdampak Covid-19 yang belum mendapat bantuan dari Jaring Pengaman Sosial (JPS). 

Pemberian bantuan berupa barang dan uang tunai Bidang Lumbung Pangan tersebut bersumber dari donasi lembaga maupun masyarakat. Donasi dari lembaga meliputi institusi kepolisian dan TNI. Sedang untuk donasi dari masyarakat meliputi warga yang berprofesi Aparatur Sipil Negara (ASN), pengusaha, maupun pribadi dari unsur TNI dan Polri.

"Kita mengucapkan terima kasih pada institusi pemerintah baik TNI, Polri maupun lembaga lain yang telah menyalurkan donasi melalui Lumbung Pangan. Dan tentu juga pada masyarakat dari unsur PNS, pengusaha, petani dan lainnya," terang Triono Kepada Desa Grudo.

Secara umum, program Kampung Tangguh Semeru yang digagas Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur itu untuk mengatasi dampak pandemi Covid-19. Dampak dimaksudkan meliputi Kesehatan, ekonomi dan sosial. Program itu diwujudkan melalui kerjasama dengan kelurahan maupun desa di Jawa Timur serta pelibatan masyarakat yang tergabung dalam Satgas Covid-19. (RYS)

 


Posting Komentar

 
Cakranews © 2016. All Rights Reserved. Shared by WpCoderX
Top