LOMBA PIDATO BAHASA ARAB-INGGRIS,  HADRAH, NADHOM, MKQ, COVER LAGU SHOLAWAT, FESTIVAL LAGU SHOLAWAT 

                        Lomba pidato bahasa Arab tetap dengan  protokol pencegahan Covid-19

CAKRANEWS.NET, NGAWI- Hari Santri Nasional (HSN) 2020 masih tetap semarak. Buktinya  berbagai kegiatan tetap digelar, kendati dalam  suasana prihatin pandemi Covid-19. Diantaranya lomba  pidato bahasa Arab, lomba pidato bahasa Inggris, lomba hadrah banjari, lomba nadhom, Musabaqoh Khotil Qur'an (MKQ). Festival Al Habsyi, lomba  baca kita, lomba cover lagu sholawat, Sebelumnya juga dilakukan  ziarah ke  makam beberapa sesepuh Nahdlatul Ulama.

                                                Panitia dan juri lomba pidato bahasa Arab

Lomba Pidato Bahasa Arab ini untuk menampung kreativitas siswa dalam mengembangkan potensi yang ada di dalam diri mereka dalam mengembangkan Bahasa Arab. Dalam rangka mengembangkan dan memperdalam Bahasa Arab, “ tutur Samsul Hadi, Panitia dan juga juri lomba didampingi juri lain Muhammad Nafi’, Wiwik Hidayanti pada CAKRANEWS.NET, di sela lomba  bertempat  di IAI Ngawi ( 8/10/2020).

 

Lomba pidato bahasa Arab ini untuk  tingkat SMP/Mts dan tingkat SMA/SMK, diikuti 24 peserta. Sengaja peserta dibatasi untuk menghindari banyak kerumunan dan pencegahan Covid-19. “Jadi panitia tidak bisa menakomodir semua pendaftar lomba, karena memang dibatas,” kata Samsul yang juga juga dosen.

 

Pemenang lomba  bahasa Arab Tingkat SMP/MTs:

1.      Alvine Arya Putra Purnama. Juara 1, asal Lembaga MTsN 5 Ngawi .

2.      Septyan Prima Yogaswara juara 2, asal Lembaga MTsN 5 Ngawi J

3.      Fauziyah Alimdiani Nur Aulia juara 3. asal Lembaga MTsN 9 Ngawi .

 Pemenang lomba  bahasa Arab Tingkat SMA/MA/SMK :

1.      Oktavia Susi Purwaningrum, Juara 1 asal Lembaga MAN 2 Ngawi .

2.      Ani Zumrotun Ni'mah, Juara 2, asal Lembaga Madin  Miftahul Jannah .

3.      Auliya Nahrul Latifa, Juara 3, asal Lembaga SMK Pesantren Temulus .

 

Samsul menjelaskan, Peringatan HSN 2020 yang di dalamnya terdapat beberapa rentetan acara HSN 2020 .  Gagasan besar yang ingin dituangkan dalam acara ini adalah melakukan Explore penjelajahan dan penelusuran lebih mendalam salah satu diantaranya berkaitan dengan Bahasa Arab, menggali sumber-sumber pengetahuan Arab-Islam yang sangat kaya akan budaya dan nilai-nilai kehidupan.

Adanya lomba Pidato Bahasa Arab diharapkan dapat menjadi sarana untuk memperluas dan mengaktualisasikan pengetahuan mengenai dunia Bahasa Arab serta menjadi ajang kreatifitas bagi generasi muda sebagai penerus bangsa yang terus berkembang dan diharapkan dapat memberi kontribusi yang berarti bagi kelanjutan perkembangan seiring berjalannya waktu,”

Begitu juga  tujuan penting, lanjut Samsul,  menjadikan Bahasa Arab sebagai bahasa yang dibanggakan oleh semua kalangan, sehingga Bahasa Arab dapat merangkul semua lapisan masyarakat dalam satu ikatan dan tali persaudaraan.

Lomba pidato bahasa Arab mengusung beberapa tema dakwah di era milenial, karakter bangsa dalam perspektif Al-qur’an, nasionalisme dalam konsep Islam, revolusi industri 4.0 menurut Al-qur’an, pembentukan karakter anak bangsa

Tema diatas ini diangkat agar kita dapat melihat Bahasa Arab tidak hanya selalu dari aspek alat komunikasi melainkan mampu dijadikan sebuah karya yang indah dan penuh ide-ide kreatif,” tandasnya.

 

Dengan tema itu  juga diharapkan mampu menggali potensi yang ada di dalam diri, mendayagunakan  berbagai macam kreatifitas. “Karena itu, menjadi kehormatan bagi kami untuk menjadikan lomba pidato bahasa arab ini sebagai pintu wawasan akan pentingnya potensi yang kita miliki,” kata Samsul.  

 

Sementara itu Saeful Bahri, Sekretaris PC NU Ngawi mengatakan, puncak acara HSN 2020 di Ngawi berlangsung besok (22/10/2020) malam di pendopo kabupaten, sekaligus istighotsah dihadiri sejumlah tokoh-tokoh dan sesepuh NU. (rto)

 

 

Posting Komentar

 
Cakranews © 2016. All Rights Reserved. Shared by WpCoderX
Top