CAKRANEWS.NET, Sumenep - Banyak kritik dari berbagai elemen masyarakat kepada Mendikbud Nadiem Makarim beberapa bulan terakhir terkait dunia pendidikan. 

Selain persoalan metode pembelajaran, masih banyak kasus-kasus klasik yang sama sekali tidak tersentuh dan ujungnya berimbas negatif bagi siswa maupun orang tua siswa.

Salah satu persoalan bidang pendidikan yang perlu mendapat perhatian adalah seputar administrasi dalam penerimaan siswa baru. Utamanya adalah anggaran untuk pengadaan seragam yang dinilai terlalu mahal.

Seperti penerimaan Siswa Baru TA 2020/2021 di SMA Negeri 1 Kalianget Sumenep yang menuai kontroversi bagi wali murid. Betapa tidak, dalam kondisi ekonomi yang tidak menentu orangtua siswa harus menyediakan anggaran cukup besar untuk pengadaan seragam.

Menanggapi hal itu, Team 16 Sumenep geram dengan oknum - oknum yang selalu berfikir keuntungan untuk kepentingan pribadi maupun kelompok. Terlebih oknum dimaksud berlindung di balik baju lembaga pemerintah yang seharusnya menjadi penolong bagi masyarakat dengan anggaraan pendidikan yang melipah.

“bikinlah harga semurah murahnya, ingat masyarakat saat ini lagi gonjang ganjing perekonomiannya pengaruh dari covid 19”, tegas ketua Team 16 Fandari.

Merespon keluhan mahalnya seragam sekolah, Team 16 Sumenep membuat gebrakan untuk mengetahui seberapa besar respon penegak hukum dalam penangangan persoalan pendidikan. 

"Kemarin kita (Team 16.red) (03/08/20) melaporkan SMA Negeri 1 Kalianget ke Kejaksaan Negeri Sumenep. Dengan tujuan penyegaran di dunia pendidikan Sumenep. Pungutan biaya yang di keluarkan sekolahan terbalut oleh koperasi sekolah apa itu melanggar aturan apa tidaknya." Lanjut Fandari

Dikatakan pula bila persoalan terkait sudah memiliki dasar hukum seperti PP No.17 tahun 2010 pasal 181 dan Permendikbud No. 45 tahun 2014 pasal 4, yang selama ini belum diterapkan.

“bukti bukti sudah kita penuhi, dan sudah kita masukkan laporan ke kejaksaan Negeri Sumenep, tinggal aparat penegak hukum mengapresiasi laporan kita”, tegas Fandari. (RYS)

Posting Komentar

 
Cakranews © 2016. All Rights Reserved. Shared by WpCoderX
Top