·        Halal Bi Halal  Lintas Advokat Ngawi Mempererat Solidaritas
Dito, Ketua DPC IKadin Ngawi
 

CAKRANEWS.NET, NGAWI--  Advokat (pengacara)  tergabung dalam Asosiasi Lintas Advokad Ngawi  merapatkan barisan.   menyusul  persoalan hukum makin rumit  belakangan  ini,  karena dampak  pandemi Covid-19 yang berpotensi  pelanggaran, penegakan  serta keadilan hukum.  “Profesi  advokat harus benar-benar jeli  terhadap situasi dan kondisi  bangsa dan negara, terutama persoalan yang terjadi masyarakat,”  tutur Dito,  fungsionaris Asosiasi Lintas Advokat Ngawi kepada Cakranews.Net,  di sela-sela  acara konsolidasi  yang dikemas  acara halal bi halal  di Saung Lanang Sine, (6/6/2020).
Dito yang  juga Ketua DPC Ikatan Advokat Indonesia (Ikadin) Kabupaten Ngawi menjelaskan, meskipun  masyarakat sudah melek hukum, namun  diantara yang melek hukum ternyata belum memiliki  pengetahuan cukup soal hukum. Di sinilah tugas dan kewajiban pengacara mendampingi masyarakat agar masyarakat benar-benar taat hukum, tidak sekedar  tahu saja.
Sebagian advokat tergabung dalam Asosiasi Lintas Advokad
Terhadap  situasi dan kondisi  bangsa dan negara, lanjut Dito,  pengacara harus  lebih sensitif untuk merespon  dari sudut profesi pengacara. Misal   di pemerintahan    ada  birokrat   yang  menyerempet-nyerempet  ke pelanggaran hukum.  “Pengacara harus memberi nasehat atau mendampingi  mereka melakukan penegakan hukum dengan menjalankan peraturan-peraturan yang sudah digariskan. Jangan sampai mereka melakukan  penyimpangan,” ujar Dito.

Ia mengingatkan, jika profesi pengacara adalah  pekerjaan yang mulia atau terhorma. Karena itu pengacara  harus  menjunjung kode etik advokad agar penegakkan dan keadilan hukum berpihak orang yang membutuhkan perlindungan hukum. “Officium nobila. Profesi advokat itu  profesi mulia atau terhormat,” tandas Dito.

Sementara itu acara  Halal bi Halal keluarga besar Asosiasi Lintas Advokat Ngawi  diharapkan bisa menjadi pengikat tali silahturahim antar sesama advokat,  khususnya advokat di Ngawi  yang  tidak memandang dari  organisasi advokat apapun. Asosiasi Lintas Advokat terdiri berbagai pengacara dari organisasi advokat  Ikadin, Peradi, IAI,  KAI, APSI.  “Dengan halal bi halal semoga  dapat  mempererat solidaritas, memperkokoh kerukunan. Karena kalau kita rukun akan tercipta kedamaian.  Damai itu sangatlah Indah dalam segala sendi kehidupan, utamamya di dalam profesi advokat,” tuturnya. (rto)

Posting Komentar

 
Cakranews © 2016. All Rights Reserved. Shared by WpCoderX
Top