Oleh : Dito, Ketua DPC Ikatan Advocat Indonesia (Ikadin)  Kab. Ngawi
KAMTIBMAS KONDUSIF, masyarakat semakin produktif. Itulah tema menggelitik di peringatan hari Bhayangkara ke-74  tahun ini. Tema yang  bermakna mendalam itu tidak jauh  dari tugas pokok kepolisian: memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat,  menegakkan hukum,  dan memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat. 

Dengan tugas pokok itu dan dalam situasi apapun, masyarakat diharapkan makin produktif, berkarya, mengeluarkan ide-ide untuk bangsa dan negara di tengah Pandemi Covid-19 yang belum menentu kapan berakhirnya. Tegasnya  Kepolisian harus tetap pada tugas pokoknya,dan harus mementingkan  masyarakat agar tetap produktif.

Untuk mewujudkan harapan besar itu, Kepolisian tidak dapat  berjalan sendiri, namun harus bersinergi dengan lintas instansi. Difokuskan pada pengawalan produktifitas masyarakat yang  mengacu pada protokol kesehatan.

Memang masih banyak yang salah mengira bahwa hari Bhayangkara merupakan peringatan ulang tahun terbentuknya Kepolisian Republik Indonesia. Namun sebenarnya Hari Bhayangkara merupakan Hari Kepolisian Nasional  yang diambil dari  momentum turunnya Peraturan Presiden No.11 Tahun 1946 yang menyatakan bersatunya kembali Kepolisian, semula terpisah  sebagai kepolisian daerah menjadi kesatuan nasional dan bertanggungjawab langsung pada pimpinan tertinggi negara, Presiden. Itulah mengapa setiap tanggal 1 Juli menjadi hari istimewa bagai Kepolisian Republik Indonesia tiap tahun.  Tanggal itu  menjadi titik  peringatan hari  Bhayangkara.

Seiring  perkembangan kepolisian dari tahun ke tahun, bahkan hingga detik ini, Kehadiran kepolisian masih  konsiten terhadap perlindungan dan pelayanan masyarakat. Keberadaannya harus  benar-benar dirasakan  masyarakat. Hal itu sesuai dengan tujuh program prioritas Kapolri  Jenderal  Idham Azis pada poin kedua yakni  Pemantapan Harkamtibmas (pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat) Polri menjadi garda terdepan. Polri harus bersama masyarakat memelihara keamanan dan ketertiban, sekaligus mengutamakan pelayanan pada masyarakat, sebagaimana  moto Polisi Rastra Sewakotama yang artinya Abdi Utama bagi Nusa Bangsa.

Usia 74-tahun, usia satu tahun lebih muda dari lahirnya  Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Usia yang tergolong sangat matang. Kepolisian mampu mencari terobosan dan berinovasi dengan basis teknologi informasi (IT) yang dipergunakan  untuk mempermudah, sekaligus mempercepat pelayanan masyarakat. Diharapkan dengan mengakses dan mengunduh di playstore, masyarakat dengan mudah dan cepat melaporkan adanya  kejadian-kejadian di lingkungan masyarakat terhadap gangguan Kamtibmas. Itulah terobosan kepolisian untuk meningkatkan pelayanan dan .melakukan pendekatan pada masyarakat. Belum lagi penggunaan  IT  dalam kejahatan cyber (Cybercrime). Hal itu didukung kemampuan Sumber Daya Manusia Kepolisian di bidang  IT. Tidak hanya memprioritaskan kemampuan fisik tetapi Kepolisian juga memprioritaskan kemampuan  intelegensi. Bahkan kemampuan  spiritual/agama juga menjadi bagian perhatian  dalam rekrutmen anggota kepolisian.

Tentunya  harapan masyarakat terhadap  Polri agar selalu perfect dalam  melakukan pemberantasan kejahatan. Kejahatan bukan hanya  masalah sosial. Tetapi Sekarang kejahatan telah diakui sebagai  masalah socio politik yang tidak hanya sebatas menuntut tindakan yang bersifat teknis namun juga perlunya tindakan yang cakupanya luas pada tingkatan politik tertinggi .

Seperti pendapat para pengamat,  penanggulangan kejahatan  bakal lebih berhasil antara lain: sistem organisasi kepolisian yang baik,  pelaksanaan peradilan yang efektif, hukum yang berwibawa, pengawasan dan pencegahan kejahatan terkoordinir, serta partisipasi masyarakat. Apapun keberadaanya, bolehlah Kepolisian dibenci para penjahat, tetapi hakikinya Kepolisiaan selalu  dirindukan oleh masyarakat sepanjang  menjaga professionalisme, kewibawaan dan keberpihakan  pada penegakan hukum seadil-adilnya. Dirgahayu Bhayangkara ke -74 !(*)

Posting Komentar

 
Cakranews © 2016. All Rights Reserved. Shared by WpCoderX
Top