CAKRANEWS.NET, Ngawi - Tim yang tergabung dalam Satgas Penanggulangan Covid-19 Desa Grudo menjawab tuntas pertanyaan selama pelaksanaan program Kampung Tangguh saat penilaian pada Sabtu (27/6).

“Terlepas masih perlunya pembenahan, Tim Satgas Penanggulangan Covid-19 bisa menjawab dan menunjukkan bukti administrasi maupun sarana pendukung kegiatan lainnya.” Terang Kades Grudo Triono ST.

Dalam penilaian pelaksanaan program Kampung Tangguh, panitia menetapkan lebih dari 60 item sarana maupun kegiatan yang harus dilakukan dan dipenuhi sebagai kriteria.

“Melaksanakan program Kampung Tangguh memang perlu hal ekstra baik tenaga, pikiran, waktu maupun biaya. Namun itu memang sudah kewajiban desa demi masyarakat saat pandemi Covid-19.” Lanjut Triono ST.


Tim Penilai
Dalam pelaksanaan penjurian, panitia yang dipimpin Kasat Bimas Polres Ngawi tersebut melibatkan empat lembaga pemerintah. Lembaga pemerintah dimaksudkan meliputi Kepolisian, TNI, BPBD dan Dinas kesehatan.

“Untuk penilaian kita melibatkan Kepolisian, TNI, Polri,BPBD dan Dinas Kesehatan.” Terang Kasat Bimas Polres Ngawi AKP Widodo.

Lebih lanjut Widodo yang pernah menjabat sebagai Kapolsek tersebut menjelaskan pentingnya program Kampung Tangguh.

“Program Kampung Tangguh bertujuan mencegah penyebaran Covid-19 demi keselamatan warga. Jadi kami mengapresiasi Desa Grudo yang masih berstatus zona hijau Covid-19.” Lanjut Widodo.

Dijelaskan pula bila program Kampung Tangguh juga dimaksudkan untuk menanggulangi dampak lain Covid-19 utamanya bidang ekonomi.

“Tujuan kedua Program Kampung Tangguh adalah mengantisipasi dampak lain yang ditimbulkannya Covid-19. Utamanya bidang ekonomi.”

“Maka dalam program Kampung Tangguh ada Lumbung Pangan. Diharapkan dengan ketersediaan pangan yang cukup, kebutuhan masyarakat kurang mampu dapat tercukupi.” Pungkasnya.

Pelaksanaan program Kampung Tangguh Desa Grudo tidak hanya berhenti sampai penilaian, namun akan terus dilaksanakan hingga batas waktu yang belum ditentukan. Hal itu sebagai program lanjutan dari Desa Siaga.

“Program Kampung Tangguh masih terus berjalan sekalipun sudah dilakukan penilaian. Ini sejalan dengan program Desa Siaga tahun 2019 lalu. Jadi pola hidup sehat dan siaga tetap menjadi program Desa Grudo.” Terang Edy Ranto Ketua Satgas Covid-19 Desa Grudo.

Penilaian pelaksanaan program Kampung Tangguh di Desa Grudo berlangsung sekitar 45 menit. Pelaksanaan penilaian selanjutnya bergeser ke 7 desa lain yang di jadwalkan selesai hari ini (Sabtu 27/6). (RYS)

Posting Komentar

 
Cakranews © 2016. All Rights Reserved. Shared by WpCoderX
Top