-----MUTIARA RAMADAN-   
 Karena Wabah Covid-19 , Banyak Orang Menderita, Tolonglah Mereka!
CAKRANEWS.NET--Di saat wabah seperti ini orang yang  terhimpit  ekonomi, banyak orang menderita, jumlahnya  semakin bertambah banyak.  Bisa jadi, diantara mereka ada di sekeliling kita. Namun mereka menjaga adab untuk tidak meminta-minta. Melihat itu  kita memiliki tanggungjawab terhadap jiran tetangganya. Tolonglah mereka.  Sebagaimana tuntunan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam: “TIDAKLAH termasuk seorang MU'MIN, orang yang kenyang sementara tetangganya lapar sampai ke lambungnya.” Diriwayatkan Al-Bukhari dalam Al-Adab Al-Mufrad no. 112, Ath-Thabrani dalam Al-Kabir 3/175/1, Al-Hakim 4/167, Ibnu Abi Syaibah dalam Kitabul Iman 189/2.
“Bukan mukmin, orang yang kenyang perutnya sedang tetangga sebelahnya kelaparan” Diriwayatkan Al Baihaqi dalam Sunan Al Kubra no. 18108. “Jika engkau memasak sayur, perbanyaklah kuahnya. Lalu lihatlah keluarga tetanggamu, berikanlah sebagiannya kepada mereka dengan cara yang baik”, Diriwayatkan Muslim no. 4766.

“Sahabat yang paling baik di sisi Allah adalah yang paling baik sikapnya terhadap sahabatnya. Tetangga yang paling baik di sisi Allah adalah yang paling baik sikapnya terhadap tetangganya”, Diriwayatkan At Tirmidzi no. 1944.

“Jibril senantiasa menasehatiku tentang tetangga, hingga aku mengira bahwa tetangga itu akan mendapat bagian harta waris” Diriwayatkan Al Bukhari no. 6014.

“Wahai Rasulullah, si Fulanah sering shalat malam dan puasa. Namun lisannya pernah menyakiti tetangganya. Rasulullah bersabda: ‘Tidak ada kebaikan padanya, ia di neraka’”. Diriwayatkan Al Hakim dalam Al Mustadrak no. 7385

Dan Allah berfirman : “Dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak dan tidak menafkahkannya pada jalan Allah, maka beritahukanlah kepada mereka, (bahwa mereka akan mendapat) siksa yang pedih, pada hari dipanaskan emas perak itu dalam neraka Jahanam, lalu dibakar dengannya dahi mereka, lambung dan punggung mereka (lalu dikatakan) kepada mereka: "Inilah harta bendamu yang kamu simpan untuk dirimu sendiri, maka rasakanlah sekarang (akibat dari) apa yang kamu simpan itu". (QS At-Taubah : 34-35). (*) 
  
******Kiriman dariKomunitas  Dulur Muslim Spero

Posting Komentar

 
Cakranews © 2016. All Rights Reserved. Shared by WpCoderX
Top