*  Semprot Lingkungan Sekitar
Warga Punen meracaik
Warga Ngawi serentak berjuang keras menghentikan penyebaran virus Covid-19 dengan menyemprot lingkungannya dengan disefektan cara mandiri., Mereka membuat racikan sendiri berbahan alkohol, bayclin dan bahan lainnya.  Seolah mereka memburu  makhluk tak kasat mata  yang  mencemaskan dan mengancam nyawa manusia di berbagai belahan dunia.

Warga melakukan penyemprotan  di rumah-rumah, tempat ibadah, lokasi operumahanm, warung-warungm dan tempat umum lainnya. Jalan-jalan masuk  RT pun juga  disemproti. Selain itu, desa juga melakukan kerjasama dengan  dinas terkait. “Yang pasti kita berusaha semaksimal mungkin melakukan berbagai tindakan untuk melakukan penyemprotan,” kata Ninin Alfandi, Kepala Desa Jururejo Kecamatan Ngawi.

Kades Ninin merasa bangga  melihat kesadaran dan respon  warga untuk menghentikan penyebaran Covid-19. Tanpa menunggu bantuan dari pemerintah desa, dinas atau pemerintah, warga berinisiatif melakukan  penyemprotan dengan dipelopori tokoh masyarakat.
Penyemprotan dilakukan di wilayah RT, RW dan dusun masing-masing. Sasaran penyemprotan  tempat-tempat yang didatangi   masyarakat. Termasuk kantor balai desa, karpet-karpet masjid maupun karet milik pribadi tak luput dari penyemprotan dan penyecucian.  

Penyermprotan dilakukan warga Jururejo
Hal yang sama dilakukan warga Desa Hargomulyo Kec.  Ngrambe. Salah satunya terlihat  di Dusun Punen RT 002 RW 02  Rabu (25/3/2020). Setidaknya 100 rumah warga disemprot disinfektan secara mandiri yang dilakukan oleh pengurus RT setempat. "Kabeh omah disemprot ngge ngantisipasi corona, corona ‘kan ngembange cepet barang dadi ki nek disemprot ben ngantisipasi ben gak teko endi-endi penyebaranne," ujar Sumadi, RT 002 RW 02  Dusun Punen.
Sejumlah perangkat RT mengenakan baju berwarna merah lengkap dengan masker dan pelindung rambut saat menyemprotkan disinfektan ke rumah warga. Sementara  di Hargomulyo tidak ada yang terkena virus  Covid-19. Penyemprotan itu untuk mengantisipasi terjangkitnya virus tersebut . “Mengingat banyaknya kasus akibat virus covid-19  kami menghimbau untuk masyarakat Hargomulyo khususnya untuk tidak keluar rumah terlebih terdahulu jika tidak ada kepentingan yang mendesak, jaga kesehatan dan awasi anak untuk tidak main di luar rumah . ujar pak Andi Septiyan, Kasun Punen.

Sementara  itu Camat Ngrambe, Arin Royanto meminta kades-kades di wilayah kerjanya untuk terus-menerus mengadakan sosialisasi ke warga. “Masjid yang menggunakan karpet agar digulung,  dan lantai sering dipel. Sediakan tempat cuci tangan  di kantor-kantor dan tempat umum. Mulai saat ini  Kades-kades agar selalu  berkomunikasi dan berkoordinasi,” ujarnya.(*)
Penulis : Rianda Safitri, Peserta Diklat Pelatihan Jurnalis Desa.
- Pemuatan  berita kerjasama Cakranews.Net dengan Pelatihan Jurnalis Desa  DPD KNPI Ngawi


Posting Komentar

 
Cakranews © 2016. All Rights Reserved. Shared by WpCoderX
Top