Warrga Pandansari Utara.Desa Jururejo
CAKRANEWS--Berbagai sosialisasi terkait wabah Coid-19 dilakukan warga desa.. Mulai door to door, ‘demo’ gelar poster-banner di pinggir jalan,  keliling mobil dengan menggunakan pengeras suara (bende), medsos dan berbagai bentuk lainnya.  “Sosialiasi ini akan terus kita lakukan, agar masyarakat paham tentang bahaya dari virus COVID-19,” ujarnya Kepala Desa Hargomulyo, Susilo
Menurut Susilo, sosialiasi dilakukan lewat pengeras suara sebagai upaya memberikan kesadaran tentang bahaya penularan COVID-19. Sebab, penularan virus ini berkembang sangat cepat.
Terlihat beberapa warga  memberikan penjelasan soal COVID-19 kepada warga. Mereka Menggunakan mobil dengan pengeras suara.  Masyarakat dihimbau untuk tidak keluar rumah dan menghindari kerumunan. Jika terpaksa keluar rumah, maka bisa mengenakan masker. Usai melakukan aktivitas, warga diminta membersihkan diri,  mencuci tangan  dengan sabun di air mengalir
Perangkat desa  Jururejo turun jalan gelar poster
Sementara itu, Camat Ngrambe, Arin Royanto. Mengatakan pada Kepala Desa di wilayah kerjanya untuk tidak melakukan pengumpulan massa dalam bentuk apa pun.  “Dilarang mengumpulkan massa atau kerumunan orang dalam bentuk apa pun termasuk Rapat, Posyandu, hajatan, Merti Desa, Sadranan, dan lain sebagainya,” tegas Arin Royanto.

Camat juga  meminta Kepala Desa  melakukan penyadaran kepada warga tentang pentingnya jaga jarak (social distancing) serta memahami bahaya infeksi virus corona. Selain itu, selama masa krisis Covid-19 ini Kepala Desa juga dilarang untuk berpergian ke wilayah Jabodetabek serta wilayah lain yang mempunyai potensi penularan infeksi yang sangat tinggi.  

Sedangkan bagi warga yang berada dirantau seperti Jabodetabek atau wilayah endemik lainnya diharapkan untuk sementara waktu tidak kembali ke wilayah  desa sampai kondisi benar-benar bebas COVID-19.

Sementara itu aksi ‘turun jalan’ dengan menggelar poster  sambil menyemprot disefektan dilakukan karangtaruna dan warga di Jururejo. Ini bukti  antusias warga untuk memberi  edukasi dan pencegahan penyebaran Covid-19.

Kemarin (30/3/2020), membentut satgas dan Relawan  Pencegahan  dan  Penanggulangan Epedemi Covid-19, dari desa hingga dusun  juga ke RT ada posko Pencegahan  dan Penanggulangan Epedemi Covid-19. Posko ini direspon warga dan tokoh masyarakat Karena  posko sangat mendukung gerakan mandiri yang telah dilakukan warga.. “Perlu Sosialisasi terus   menerus, dan edukasi terkait pencegahan dan penanggulangan,” ujar  Kades Juruejo Ninin Alfandi.  (*)
Penulis : Rianda Safitri , Peserta Diklat Pelatihan Jurnalis Desa.
- Pemuatan  berita kerjasama Cakranews.Net dengan Pelatihan Jurnalis Desa  DPD KNPI Ngawi


Posting Komentar

 
Cakranews © 2016. All Rights Reserved. Shared by WpCoderX
Top