POLRES & GMPK MEDIATOR          
Kesepakatan damai warga Krompol, luar biasa.
CAKRANEWS.NET—Malam itu,   balai desa  jadi saksi  sejarah Desa Krompol Kec. Bringin Kab. Ngawi. Pasalnya,  antara Kades  Eko Suprabowo & Perankat Desa  dengan Suyadi & Karno warga setempat,  bertemu sekaligus  berdamai terkait perseteruan berbagai masalah desa. Mulai bengkok, anggaran desa  dan lainnya.

Perdamaian kedua kubu  pekan kemarin (19/02/2020)   tersebut  ditandai dengan penandatanganan kesepakatan damai bersama, dimediatori Polres Ngawi diwakili Kanitpidum Polres Ngawi Iptu andi.  Hadir Penasehat hukum warga, dan Ketua DPD Gerakan Masyarakat Perangi Korupsi (GMK) Kabupaten Ngawi Siras Santoso, BABINSA serta pemerintahan kecamatan setempat. Kesepakatan daami dituangkan dalam  tiga lembar kertas ditandatangani  Kades  Eko Suprabowo ,Suyadi & Karno, sebagai saksi Siras Santoso,  Iptu andi Agus dan penasehat hukum.  “GMPK sangat mengapresiasi apa yang dilakukan Polres Ngawi untuk mempertemukan warga hingga ada kesepakatan damai,” tutur Siras.

Menurut Siras, Polres melakukan mediasi kemudian  ada  kesepakatan damai, bukti bahwa pada dasarnya warga Desa Krompol  tidak ingin berselisih antar warga sendiri, maupun  dengan perangkat desa.  Hidup guyup rukun, tentram adalah kulturwarga krompol. “Apa yang terjadi adalah pemahaman aturan atau hukum yang berbeda antara kepala desa, perangkat desa, tokoh masyarakat dan warga desa. Jangan sampai  pemahaman aturan atau hukum ini disalahgunakan oleh pihak lain. Intinya jangan terprovokasi,” katanya.

Seperti diketahui,  Kepala Desa dan Perangkat desa serta sejumlah warga mengadu ke GMPK Ngawi terkait tanah desa yang dikelola warga sehingga tidak bisa dimanfaatkan oleh pemerintahan desa.  Beberapa minggu kemudian sejumlah kelompok warga lain ganti mengadu ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa melakukan protes dengan sistem pengelolaan administrasi desa oleh pemerintahan desa setempat. Mereka merasa dalam pengelolaan Anggaran dan Pendapatan Belanja Desa banyak kejanggalan dan tidak transparan.

Siras  berharap, warga Krompol  guyup rukun membangun desanya. Karena banyak yang  harus dikerjakan dan tantangan membangun desa sudah di depan mata. “Monggo  manfaatkan anggaran desa yang besar  untuk membangun desa. Ini semua butuh  kerjasama dengan semua warga agar desa Krompol menjadi desa gemah ripah loh jinawi kerto tentrem raharjo. Sejahtera lahir maupun batin,” tutur Siras, yang juga Ketua Kadin dan MPC Pemuda Pancasila serta Ketua Himpunan Kelompok Tani Indonesia  Kab. Ngawi. (rto)



Posting Komentar

 
Cakranews © 2016. All Rights Reserved. Shared by WpCoderX
Top