Oleh: Zid Sayyid Adam Asy-Syifa’, Cakra Menulis Club
           Kelas XI MAN PK, Denanyar Jombang
Pondok Pesantren Mambaul Ma'arif Denanyar Jombang selalu penuh berkah. Seperti kegiatan Senin (24/02/2020) malam, bertepatan jelang bulan Rajab, pesantren berdiri sejak 1917 menggelar acara  Haul  KH. Bishri Syansuri ke-41 dan Nyai Noor Khodijah ke-7, sekaligus  peringatan Harlah Pondok Pesantren Mambaul Ma'arif ke-105.

Acara berlangsung di halaman masjid Jami' Denanyar  tersebut dibungkus dengan bentuk pengajian umum,  mauidhoh hasanah, KH Bahauddin Nursalim (Gus Baha’), KH. Abdul Qoyyum Mansur, KH. Miftachul Akhyar, dan KH. Said Aqil Siradj (Ketua Um PB NU). Tahlil berkumandang  dan pembacaan manaqib .dipimpin  KH. Masduqi Abdurrahman dan H. Muid Shohib. Ribuan jamaah dari berbagai daerah hadir dengan mengharap ridho Allah..  Bahkan  masyarakat meluber duduk khusyuk mengikuti  hingga di pelataran jalan raya.

Agus Zidni Nuuro,  Ketua panitia Haul dan Harlah  mengatakan acara  kali ini  melegakan pondok pesantren, karena dihadiri  jamaah dari berbagai penjuru yang ingin mendengarkan pengajian dengan pembicara para kyai. Tujuan haul dan harlah  untuk menghormati jasa ulama-ulama yg telah berjuang menegakkan Islam,  dan acara ini sangat penting bagi umat Islam, khususnya Nahdliyin.

Sementara  santri-santri pun bersyukur bisa hadir dan terlibat dalam kegiatan  yang selalu ditunggu. Selain bisa bersilaturahmi, kesempatan menyerap ilmu agama dari para kyai. “Alhamdulillah saya bisa mendapat berkah  dari kyai-kyai,”kata Diandra, salah satu santri di MANPK Jombang. (*)

Posting Komentar

 
Cakranews © 2016. All Rights Reserved. Shared by WpCoderX
Top