Oleh: Al Kafi Syifa’ul Mawaddah, Anggota Cakra Menulis Club,
Mahasiswi Pendidikan Agama Islam UIN Maliki Malang
Di lingkup pendidikan perguruan tinggi, jangan dibayangkan kuliah hanya bertatap muka dengan dosen, mengerjakan tugas dari dosen, membaca dan meminjam buku di perpustakaan. Sederhananya mahasiswa ke kampus, kuliah, pulang, dan seterusnya seperti itu. Monoton hingga wisuda, mendapat gelar sarjana. Akhirnya mahasiswa sulit bersosialisasi dan terjebak dalam rutinitas kampus dan mendapat selembar ijazah. Tidak ada variasi selama dalam kehidupan kampus.
Padahal mahasiswa perlu soft skil, butuh kerja tim (team work), melatih berkomunikasi di depan publik. Ikut kegiatan ekstra kampus. Apalagi pengalaman berorganisasi adalah hal yang sangat penting untuk bekal ketika terjun di dunia pekerjaan, lebih lagi di masyarakat.
Justru hakikinya di perguruan tinggi itulah ‘kawah candradimuka’ kehidupan kampus. Bagaimana menanamkan kultur cara berpikir agar mahasiswa siap menghadapi kehidupan sebenarnya di masyarakat. Oleh sebab itu, di perguruan tinggi juga terdapat wadah untuk mengembangkan kemampuan setiap mahasiswa. Salah satunya . Nahdlatul Ulama (NU), . Organisasi kemasyarakatan dan sosial berbasis agama dengan  ajaran Ahlus Sunnah Wal Jamaah (Aswaja) ini diharap tumbuh di lingkungan pendidikan perguruan tingggi. Salah satu wadah yang membentuk mahasiswa bagaimana cara ia menghadapi kehidupan yang sesungguhnya di kemudian hari.

Di Universitas Islam Maulana Malik Ibrahim Malang, atau biasa orang menyebut dengan UIN Malang, terdapat Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi (PKPT) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama(IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama(IPPNU) yang lahir pada tahun 2004.

Sejarah berdirinya PKPT di UIN Malang ini dikarenakan kala itu banyak mahasiswa UIN Malang yang juga santri lulusan dari pondok-pondok pesatren yang bingung dengan kehidupan perkuliahan dan organisasi kampus. Tidak ada organisasi yang mempelajari ranah kultur dan etika.Selain itu, mahasiswa masih mengikuti organisasi keislamaan yang bukan Nahdlatul Ulama, sehingga mereka berinisiatif ingin mendirikan PKPT di UIN Malang. Memang ketika itu  belum ada organisasi bidang keagamaan yang berpegang teguh ajaran Ahlus Sunnah Wal Jamaah. Maka dari situlah, mahasiswa-mahasiswi alumni pondok pesantren berinisiatif mendirikan organisasi agama Islam yang berbasis santri di bawah naungan Nahdlatul Ulama’ (NU).

Tahun 2004 beberapa tokoh NU UIN Malang mendirikan Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi Ikatan Pelajaran Nahdlatul Ulama’ dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama’yang disingkat dengan PKPT IPNU-IPPNU.Kemudian untuk kegiatannya saat itu, dilakukan dengan keliling dekat kampus mendirikan organisasi Nahdlatul Ulama’ (NU) bersama warga hingga terus berkembang sampai sekarang untuk menghidupkan Nahdlatul Ulama’ baik di kalangan mahasiswa maupun masyarakat.

Dalam hal kegiatan,  saat itu kegiatan dilakukan bukan di dalam kampus, melainkan di luar kampus. Karena ini dilakukan berujuan agar menghidupkan kultur Nahdlatul Ulama’di masyarakat. Kegiatan ini terus dilakukan dan berkembang hingga sekarang. Bersama warga di luar kampus juga kaum dhu’afa mengadakan rutinan tahlilan bersama, sekitar tahun 2010.

Periode 2010 sampai 2011, perjalanan IPNU dan IPPNU UIN Maliki Malang sempat mengalami semacam kevacuman, boleh dikata  ada tapi seolah tiada. Karena waktu itu sedikit dari anggota yang mengikuti kegiatan rutinan. Kendati diadakan rutinan, yang hadir hanya rekan maupun rekanita itu-itu saja. Namun, Alhamdulillah, masih banyak pula yang tetap mengupayakan agar IPNU-IPPNU di Universitas Islam Negeri Malang ini tetap ada dan hidup berkembang sesuai perkembangan zaman. Setelah melewati masa-masa sulit tersebut, kegiatan organisasi ini tetap berjalan.

Dalam perjalanan organisasi mana pun, tentu pernah mengalami pasang surut. Tak hanya sekali dua kali, tapi juga beberapa kali. .Pasang surut ini, membuat  anggota memutar otak, mencari berbagai cara agar dapat mempertahankan eksistensi organisasi. Menggelar Kegiatan-kegiatan yang bervariasi dan .penuh daya tarik  . sehingga anggota istiqomah.
Tahun 2016, antusiasme mahasiswa untuk mengikuti IPNU-IPPNU luar biasa.  Membeludak sampai kurang lebih 300 peserta . mengikuti Masa Kesetiaan Anggota atau yang biasa disebut dengan MAKESTA. Ini berjalan sampai kurang lebih 2 tahun. Kemudian tahun 2018 pendaftar MAKESTA sekitar 270-an mahasiswa.

Dengan membeludaknya anggota, yang saat itu juga didirikan pengurus fakultas yang terdiri dari empat Pimpinan Anak Komisariat Perguruan Tinggi (PAKPT), yaitu fakultas Tarbiyah, Saintek, Ekonomi, dan Humaniora. Dari PKPT kemudian terbagi menjadi empat PAKPT, yaitu PAKPT Abdur Rahman Wahid yang beranggotakan mahasiswa dari Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, PAKPT KH. Hasyim Asy’ari dari Fakultas Humaniora, PAKPT KH. Wahid Hasyim yang beranggotakan mahasiswa dari Fakultas Syariah, dan PAKPT KH. Abdul Wahab Hasbullah yang terdiri dari empat fakultas, yaitu Fakultas Ekonomi, Fakultas Saintek, dan Fakultas Psikologi.

Maka, . sejarah PKPT IPNU-IPPNU UIN Maulana Malik Ibrahim Malang sejak pertama berdiri sampai saat ini yang masih eksis berpartisipasi mewadahi mahasiswa. Mereka ingin lebih dekat dengan Nahdlatul Ulama’ dan  terus mengkaji ajaran Ahlus Sunnah Wal Jamaah, dan akan lebih baik jika dapat menerapkannya dalam kehidupan bermasyarakat.
Organisasi  IPNU-IPPNU di Kampus ini  sangat bermanfaat bagi mahasiswa. Sebagai kader IPNU-IPNU, mahasiswa diharapkan berpartisipasi aktif mengembangkan organisasi Nahdlatul Ulama' dengan  memberikan pemahaman  dan membangun kultur Ahlus Sunnah Wal Jama'ah  di kalangan kampus  dalam kehidupan sehari-hari, baik secara harakah (gerakan), fikrah (pemikiran),  amaliah (cara beribadah)  sesuai tujuan Nahdlatul Ulama'.

Keberadaaannya menjadi rahmatan lil ‘alamiin bagi kehidupan kampus, masyarakat, bangsa dan negara. IPNU-IPPNU hadir di kampus untuk kader-kader intelektual muda NU dalam menyosong kehidupan masa depan yang  berakhlak dan berkarakter  Indonesia dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)  (*)
.

Posting Komentar

 
Cakranews © 2016. All Rights Reserved. Shared by WpCoderX
Top