CAKRANEWSW.NET, Ngawi – Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) memperingati hari Disabilitas International di Kantor Cabang Ngawi Jalan Ngawi – Caruban kilometre 4 Desa Karangtengah Prandon, Kecamatan Ngawi Kabupaten Ngawi Jawa Timur Selasa (17/12).

Hadir dalam kegiatan, Camat Ngawi, Perwakilan dari Dinsos, Disparpora, Dindik, Disnaker, Muspincam dan anggota Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia Kabupaten Ngawi.

“Pada peringatan Hari Disabilitas International kali ini kami mengajak teman – teman untuk selalu semangat dan terus berkontribusi dalam pembangunan Kabupaten Ngawi. PPDI Ngawi sebagai lembaga yang mewadai kaum disabilitas mencoba memberikan eksistensi walaupun dengan segala keterbatasan.” Terang Adiono pengurus PPDI Ngawi.

Dalam perannya, PPDI Kabupaten Ngawi cukup aktif  melakukan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM). Itu dilakukan sebagai bentuk kepedulian lembaga terhadap anggotanya dalam menghadapi persaingan  bebas.

Dalam peningkatan sumber daya manusia tersebut, PPDI Kabupaten Ngawi bekerja sama dengan berbagai instansi pemerintah. Dari beberapa Instansi yang selama ini menjadi mitra diantaranya Dinas Sosial, Dinas Koperasi dan UMKM dan Dinas Perindustrian Dan Tenaga kerja.

Anggota PPDI Ngawi
Sementara pemerintah telah meratifikasi Konvensi mengenai Hak Penyandang Disabilitas (Convention on the Rights of Persons with Disabilities/UN CRPD) pada tahun 2011 melalui UU Nomor 19 Tahun 2011. Perjanjian ini telah membantu menyebarkan pandangan bahwa penyandang disabilitas adalah anggota masyarakat yang setara dengan anggota lainnya.

Dari beberapa point di dalam UU Nomor 19 Tahun 2011 di ketahui bila kaum disabilitas memiliki hak sebagai berikut :

Persamaan dan Nondiskriminasi
Setiap penyandang disabilitas berhak untuk mendapatkan kesempatan yang sama atau kesetaraan dengan seluruh umat manusia di hadapan dan di bawah hukum, mereka berhak untuk mendapatkan perlindungan dan manfaat hukum yang setara.

Diskriminasi adalah perlakuan yang tidak adil dan tidak seimbang yang dilakukan untuk membedakan terhadap perorangan atau kelompok. Itu dilarang keras mendasar UU Nomor 19 Tahun 2011.

2.     Aksesibilitas
Asebilitas adalah kemudahan yang disediakan oleh Negara bagi semua orang termasuk penyandang disabilitas guna mewujudkan kesamaan dan kesempatan yang setara terhadap fasilitas dan layanan lainnya yang terbuka atau tersedia untuk publik.

“Dengan adanya UU Nomor 19 Tahun 2011 kita harapkan kaum disabilitas mampu mendapat kemudahan dalam pemenuhan hidup sebagai bagian yang setara dengan masyarakat umumnya.” Terang salah satu anggota disabilitas PPDI Ngawi (RYS)

Posting Komentar

 
Cakranews © 2016. All Rights Reserved. Shared by WpCoderX
Top