Laporan: Zid Sayyid Adam Asy-Syifa’, Anggota Cakra Menulis Club,
Kelas XI MAN PK, Yayasan Ponpes  Mambaul Ma’arif, Denanyar Jombang
CAKRANEWS.NET, JOMBANG-…….Ya Nabi Salam ’Alaika Ya Rasul Salam ’Alaika Ya Habib Salam ’AlaikaSholawatullah ’Alaika. Asyroqol Badru ’Alaina Fakhtafat Minhul Buduruu Mitsla Husnik Maa Ro’aina Khottu Ya Wajha Sururii….

Itulah sholawat  500-an santri Yasasan Pondok Pesantren Mamba’ul Ma’arif, Denanyar Jombang, Khususnya asrama induk putra dan asrama MAN PK  MAN 4 Jombang,  saat memperingati Maulid  Nabi Besar Muhammad SAW, Jumat malam Sabtu. Khusyu’, tenang tentram, sholawat dikemas dalam diba’an dengan musik banjari. “Semoga berkah untuk kita semua,“ ucap Dino Maulana, salah satu santri usai acara.
 
Malam itu, ratusan santri benar-benar berdamai dengan hati, bersama mengumandangkan sholawat. Musik banjari dengan rancak. Setiap tabuhan menggetarkan hati  santri untuk terus bersholawat. Disitulah seakan para santri tidak ingin berhenti  bersholawat. Peringatan Maulid ini dijadikan moment perwujudan rasa cinta kepada Nabi Muhammad SAW, meskipun setiap hari  para santri tidak pernah lupa bersholawat usai sholat dan tiap waktu. Selain pembacaan maulid Diba’,  ada mahallul qiyam, mauidhoh hasanah dan  doa.  Mereka juga berdoa untuk kedamaian Indonesia.
 
KH Abdussalam  Shohib, Ketua Pondok Pesantren Maba’ul Ma’arif mengatakan, peringatan Maulid  kegiatan yang baik  untuk mendoakan  Nabi dan para ulama.  Santri berkewajiban menghormati dan mendoakan  para kyai, ulama, muasis-muasis NU.  “Peringatan maulid ada setelah  Nabi wafat.  Dilaksanakan ketika jamannya khalifah.  Maulid ini kegiatan yang  baik untuk santri dan umat Islam,” tuturnya.

Usai acara, santri terlihat sumringah. Diharapkan  seluruh santri di seluruh dunia memanfaatkan bulan  maulid  ini untuk  kegiatan positif sehingga dengan maulid santri makin mencintai nabi, mencintai Islam,  dan istiqomah dalam beribadah. Apalagi santri adalah penerus para kyai, ulama, dan  penerus bangsa. (*)

Posting Komentar

 
Cakranews © 2016. All Rights Reserved. Shared by WpCoderX
Top