CAKRANEWS.NET, Ngawi – Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) kategori Sertifikat Hak Atas Tanah (SHAT) Program Lintas Sektor tahun 2019 telah melalui tahap akhir. Itu ditandai dengan penyerahan sentifikat ke pemilik masing-masing.

Proses penyerahan sertifikat kali ini dilakukan secara simbolis Wakil Bupati Ngawi pada Selasa (29/10) di Aula Kantor Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi. Sedang untuk pembagian secara keseluruhan dilakukan petugas dari Badan Pertanahan Nasional Kantor Ngawi.

Pada program SHAT kali ini, Badan Pertanahan Nasional Kantor Ngawi memberi kuota untuk 900 bidang tanah meliputi empat desa yang ada di Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi. Desa penerima kuota tersebut Grudo, Karangasri, Jururejo dan Beran.

Beda dengan PTSL umumnya, program Sertifikat Hak Atas Tanah (SHAT) ini dimaksudkan untuk penyertifikatan tanah bagi masyarakat yang memiliki usaha. Dengan legalitas tanah mendasar bukti sertipikat, diharapkan usaha dari peserta SHAT akan lebih mudah mendapat modal tambahan dengan mengagunkannya ke bank.

“Program ini bertujuan memberikan kepastian hukum hak atas tanah kepada pelaku usaha mikro untuk meningkatkan akses permodalan berupa peningkatan jaminan kredit atau pembiayaan pada perbankan atau Badan Usaha Milik Negara dalam rangka pengembangan usaha.” Terang Wakil Bupati Ngawi Ony Anwar.

Terkait masalah kerawanan terhadap Pungli, Wakil bupati yang akrab dipanggil Mas Ony itu mewanti – wanti untuk menjalankan program SHAT sesuai prosedur. “Terkait mekanisme yang dilakukan adalah dengan melakukan sosialisasi diutamakan diawal penjaringan. Sehingga Pungli itu Insaa Allah tidak terjadi.”

Dari dampak positif SHAT, Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Ngawi sebagai leading sektor mengajukan tambahan kuota pada BPN Kantor Ngawi. “Tahun 2020 dipastikan ada kuota tambahan untuk Program SHAT. Namun areal diperluas dengan memasukkan desa Karangtengah Prandon.” Terang Andri dari Dinas koperasi dan UMKM Kabupaten Ngawi. (RYS)

Posting Komentar

 
Cakranews © 2016. All Rights Reserved. Shared by WpCoderX
Top