CAKRANEWS.NET, Ngawi – Kegiatan dengan tema batik kembali digelar di Kabupaten Ngawi Jawa Timur. Itu dimaksudkan sebagai promosi Batik Ngawi dengan skala lebih luas. Promosi kali ini tidak hanya sebagai pengenalan Batik Ngawi, namun juga mengarah pada batik yang mampu  menjadi komoditi internasional.

Kegiatan dilangsungkan di Alun – Alun Merdeka Ngawi  (4-5/9 ). Hadir dalam pembukaan ( 4/9 ) Bupati Ngawi, Putri Indonesia jawa Timur, Ketua DPRD Kabupaten ngawi serta Undangan.  “Kita akan terus kembangkan dan promosikan batik khas Ngawi dengan skala yang lebih luas. ” Terang Raden Rudi Sulisdiana Plt Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga  ( Disparpora ) Kabupaten Ngawi dalam sambutannya.

Yang menarik kali ini adalah fashion show  dengan ketentuan busana berbahan Batik Tulis. Hal itu dimaksudkan sebagai pelestarian budaya batik karya tangan. Perancang untuk fashion show juga lebih berani menonjolkan konsep pada desain internasional. Tampilan kombinasi corak dan warna terlihat jelas antara Batik Klasik dan modern.

Lebih 90 puluh model dari berbagai daerah menampilkan busana dan karya terbaiknya. “ Kita sepakat untuk melestarikan Batik Ngawi. Ini akan menjadi catatan sejarah pada saatnya nanti.” Terang pemilik gerai Batik Widi Nugroho yang menjadi salah satu juri fashion show.

“Kita harus mempertahankan batik sebagai bagian dari warisan budaya. Apalagi yang menggunakan warna alam. Memang harganya sedikit mahal, tapi itu luar biasa hasilnya. Dari kekhasan inilah Ngawi akan dikenal. Tidak hanya nasional tetapi juga International.” Terang Bupati Ngawi Budi Sulistiyono.

Cika, Peserta Kategori A Usia 4 Tahun
Kegiatan yang masuk agenda tahunan kali ini diselenggarakan Bidang Ekonomi Kreatif Dipaspora Kabupaten Ngawi. Dengan mengusung tema “Batik Ngawi Road to The World” diharapkan Ngawi Batik Fashion 2019 bisa mempromosikan ke International dan menembus pangsa pasar dunia.

“Keikut sertaan kali ini bukan untuk target juara. Yang penting adalah partisipasi dalam memperkenalkan Batik Ngawi. Saya sudah cukup puas dengan berani tampilnya anak saya. Padahal baru 4 tahun, dan ini yang pertama tampil.” Terang Ghofar orang tua peserta fashion show.

Untuk perserta fashion show kali ini dibagi menjadi 3 kategori dengan klasifikasi A, B, dan C. Sedang untuk kategori tambahan menampilkan perwakilan dari masing – masing Satuan Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Ngawi. ( RYS )



Posting Komentar

 
Cakranews © 2016. All Rights Reserved. Shared by WpCoderX
Top