CAKRANEWS.NET, Ngawi – Ribuan masa menyambut hari santri dengan mengikuti pawai. Mereka melakukan pawai dari Madrasah Ibtidaiyah Al Falah Desa Beran, Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi menuju Alun Alun Merdeka Ngawi Senin (21/10).

Peserta yang terlibat pawai terdiri dari lapisan masyarakat diantaranya Lembaga Pendidikan, Pesantren, maupun kumpulan dari berbagai organisasi Islam. Mereka menggaungkan lagu – lagu islami dengan irama yang bersumber dari berbagai alat musik. Sebagian mengagungkan kebesaran Allah SWT dengan mengucap zikir maupun sholawat.


Iring – iringan pawai dimulai pukul 13.00 WIB, mereka rata – rata mengenakan baju bernuansa muslim. Sebagian juga membawa alat peraga berupa spanduk, Poster maupun kendaraan yang dihias dengan rombongan Hadroh.

Kehadiran mereka mendapat antusias dari masyarakat dengan memadati sepanjang jalan yang dilalui pawai. Suasana semangat juga terlihat dari peserta  pawai. Mereka tetap ceria di bawah teriknya matahari, sekalipun suhunya di atas 40℃.

Dalam memperingati Hari Santri Nasional ( HSN ), panitia mengadakan berbagai kegiatan bernuansa islami. Diantara kegiatan ini Lomba Kreasi Nadzam Al-Imrithi, workshop pedoman organisasi, Pendidikan Kader Penggerak Nahdlatul Ulama (PKPNU), Ruqyah,  hingga istighotsah.

Pada malamnya panitia berencana menghadirkan Veryal Eisha Aqila Zulfikar . Remaja yang lebih dikenal dengan nama Veve Zulfikar adalah seorang penyanyi lagu-lagu religi asal Sidoarjo, Jawa Timur. Namanya melejit melalui senandung shalawat yang diunggah melalui channel Youtube.


Seperti dikatakan Enni Aslihatul Kirom sebagai seksi kepanitiaan, bila kegiatan ini sangat penting “Dengan keikutsertaan sekolah, madrasah, perguruan tinggi, ini mengandung makna  bahwa Hari Santri   menjunjung tinggi solidaritas dan  nilai-nilai silaturrahmi.” Kata Enni, yang juga  Guru MTs N 3 Ngawi.

Juga dikatakannya bila tema yang di angkat kali ini adalah tentang perdamaian. Tema ini menyikapi kondisi bangsa Indonesia yang rawan terhadap disintegrasi. “Tema HSN santri Indonesia untuk perdamaian dunia.  Cocok diangkat di HSN tahun 2019, Santri  cinta perdamaian, Ini  tentunya harus terus kita jaga ,” Lanjut Enni.

Ada yang mencuri perhatian dari ribuan peserta pawai. Itu tertuju pada peserta dari Sekolah Menengah Pertama Negeri ( SMPN ) 2 Ngawi. Selain Turut memeriahkan Hari Santri Nasional, mereka juga membentuk tim pengumpul sampah yang berasal dari plastik bekas tempat minuman.

Mereka mengumpulkan seluruh sampah yang ada di sepanjang jalan yang dilalui pawai. “Kebersihan itu sebagian dari iman. Maka jaga kebersihan lingkungan dan diri kita.” Terang koordinator rombongan SMPN 2 Ngawi melalui speaker. ( RYS )

Posting Komentar

 
Cakranews © 2016. All Rights Reserved. Shared by WpCoderX
Top