CAKRANEWS.NET, Ngawi - Pecinta kicau burung atau Kicau Mania memadati Alun Alun Merdeka Ngawi Jawa Timur Minggu ( 6/9 ). Mereka datang dari berbagai daerah untuk mengikuti lomba merebutkan  Piala Bupati Ngawi 2019.

Masih seperti tahun sebelumnya, lomba kicau burung dengan judul “Perang Bintang Cup Ngawi IV” kali ini diselenggarakan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga ( DISPARPORA ) Kabupaten Ngawi.

Kali ini panitia membuka pendaftaran untuk 25 kategori. Masing – masing kategori dibatasi hingga 72 peserta dengan menetapkan Juara I, II dan III.

“Kicau mania kali ini diikuti diikuti peserta dari berbagai daerah. Ada Aceh, Jakarta, Madura juga Kalimantan. Ini menunjukkan bahwa “Perang Bintang Cup Ngawi IV” berskala nasional.” Terang Raden Rudi Sulisdiana Plt Kepala  Disparpora  Kabupaten Ngawi.

Untuk menjaga kwalitas lomba, panitia menetapkan persyaratan dengan melarang pemilik burung maupun penonton untuk berteriak ketika lomba sudah dimulai. Itu dimaksudkan agar juri dapat dengan jelas mendengar kicauan dari burung yang dilombakan.

Pemilik burung juga dilarang menyebut nomor gantangan. Bila dalam perlombaan menyebut tiga kali nomor gantangan, maka panitia akan melakukan diskwalifikasi dengan mencoret nomor peserta.

Pemenang Lomba Murai Hijau
Selain mewadahi pecinta kicau burung, kegiatan ini juga dijadikan kampanye menjaga kelestarian alam dengan menghimbau untuk tidak melakukan perburuan dengan membunuh burung di alam liar. Bila menginginkan burung kicau, panitia menghimbau untuk membeli dari  peternak burung.

“Lomba kali ini gratis untuk umum. Dan apresiasi pecinta kicau burung luar biasa. Hampir setiap kategori penuh dengan burung berkwalitas. Dan yang terpenting adalah pengenalan Ngawi di tingkat nasional. Utamanya kicau burung untuk pariwisata Ngawi.” Terang Kepala Bidang Pariwisata ( Disparpora ) Kabupaten Ngawi Totok Sugiharto.

Panasnya terik matahari tidak menyurutkan animo peserta maupun penonton. Mereka berjubel di sekeliling pagar pembatas. “Memang kita tidak bisa masuk ke area perlombaan. Namun cukup puas dengan mendengar suara dari jauh.” Terang Slamet peserta dari Blora Jawa Tengah ( RYS )

Posting Komentar

 
Cakranews © 2016. All Rights Reserved. Shared by WpCoderX
Top