CAKRANEWS.NET, Ngawi – Pemerintah Kabupaten Ngawi kembali menggelar Festival Kopi 2019 di halaman Gedung Sekretariat Daerah (18-19 /10). Seperti tahun sebelumnya, kegiatan ini juga menghadirkan group band. Tampil pada Jum’at malam group band Pemkab Ngawi dan Luar Jalur.

Paniti menyediakan sekitar 20 stan untuk menampilkan  produk berupa racikan kopi dari berbagai cafe yang ada di kabupaten Ngawi. Masing masing stan menjajakan produk kopi dari bahan dasar yang  berbeda jenis.  Dari Robusta, Arabika hingga kopi lokal Slondoh yang memiliki rasa khas Nangka .

Festival Kopi di Ngawi muncul didasari atas banyaknya warga daerah sebagai penikmat kopi aktif. Tidak hanya ribuan, bahkan  bisa mencapai puluhan  ribu. Dengan banyaknya penikmat kopi, Pemerintah Kabupaten Ngawi menilai berpotensi sebagai potensi  pendongkrak ekonomi.

 “ Kiat tahu bahwa kopi menjadi kebutuhan sehari – hari. Kalo malam dingin yang di cari ya kopi. Jadi kopi ini merupakan potensi besar untuk perekonomian.” Terang Bupati Ngawi Budi Sulistyono dalam sambutannya.

Lebih lanjut dikatakannya bila lahan – lahan kosong bisa di manfaatkan untuk penanaman kopi. Selain berpotensi besar secara ekonomi, iklim Ngawi cocok untuk tanaman kopi. “Ini semangat tersendiri untuk Kabupaten Ngawi, agar lahan – lahan kosong ini terutama di daerah atas mampu untuk diberikan bibit – bibit. Dan iklim di Ngawi juga cocok”

Acara yang dilaksanakan  Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga tersebut juga mengumumkan hasil lomba pembuatan film pendek. Lomba pembuatan film kali ini bertemakan tentang potensi Ngawi.  Dari belasan peserta, juri telah menentukan pemenang dengan mengambil lima terbaik.

Untuk hasil terbaik, juri menetapkan film dengan judul “Membatik Mimpi Untuk Ngawi”. Film ini menceritakan kisah pasangan muda yang memutuskan untuk tinggal dan mengadu nasib di desa. Dengan perjuangan keras akhirnya mereka mampu mengatasi tekanan ekonomi dengan bergelut di dunia batik.

Untuk terbaik kedua diraih film dengan judul Janji Disa. Sedang posisi tiga sampai lima ditempati Sahabat Reno, Kenangan Manis kota Ramah dan Bumantara. Atas karya tersebut, mereka mendapat Piala dan uang  pembinaan yang akan diserahkan pada Sabtu ( 19/10 ).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Ngawi mengajak rombongan yang terdiri dari Forum pimpinan Daerah mencicipi kopi pada stan. Rombongan terdiri dari Kepala Kepolisian Resort ( Kapolres ) Ngawi, Dandim Ngawi, Danyon Armed 12 Ngawi. ( RYS )

Posting Komentar

 
Cakranews © 2016. All Rights Reserved. Shared by WpCoderX
Top