CAKRANEWS.NET, Ngawi – Dinas Kesehatan Ngawi mengadakan Pelatihan Kader Cerdik Posbindu Penyakit Tidak Menular (PTM) di Gedung Kesenian Komplek Pendopo Widya Graha Kabupaten Ngawi Senin (28/10).

Pelatihan kali ini menyasar pada pelajar kelas X Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA), Guru Usaha kesehatan Sekolah se-Kabupaten Ngawi dan Pengelola Program Penyakit Tidak Menular (PTM) Puskesmas se-Kabupaten Ngawi.

Dalam melaksanakan pelatihan ini panitia menerapkan beberapa sistem. Pertama dengan menggunakan sistem ceramah. Sistem ini disampaikan dihadapan peserta pelatihan oleh nara sumber.

Sistem kedua dengan tanya jawab. Peserta yang belum memahami uraian dari nara sumber di beri kesempatan untuk bertanya. Dalam bertanya tidak dibatasi jumlah pertanyaan selama waktu masih memungkinkan.

Sistem atau metode berikutnya dengan melakukan diskusi. Dalam diskusi kali ini peserta dipandu nara sumber atau seorang fasilitator.

Dan terakhir adalah metode praktek Posbindu. Posbindu yang kependekan dari Pos Binaan Terpadu adalah kegiatan monitoring dan deteksi dini faktor resiko penyakit tidak menular. Posbindu sendiri dikelola oleh masyarakat melalui pembinaan terpadu.

Pemerintah kabupaten Ngawi melalui Dinas Kesehatan menekankan pentingnya kegiatan ini. “Salah satu tugas kami adalah menyampaikan pentingnya deteksi dini PTM.” Terang Ibnu Sri S dari dinas Kesehatan kabupaten Ngawi. (RYS)


Posting Komentar

 
Cakranews © 2016. All Rights Reserved. Shared by WpCoderX
Top