Oleh :   Zid Sayyid Adam Asy-Syifa, Siswa MANPK 1 Jombang,
            Anggota Cakranews  Menulis Club


CAKRANEWS.NET, Jombang--Jumat pekan lalu, selepas matahari terbit, ratusan santriwan dan santriwati  Pondok Pesantren Mamba`ul Ma`arif, Denanyar Jombang  berbondong-bondong ziarah ke makam para wali di Jawa Tengah.

Perjalanan spiritual  dengan mengendarai 15 bus  untuk mendoakan sekaligus napak jejak perjuangan dakwah para wali yang menyebarkan agama Islam di  Jawa. Selain ‘napak tilas’ jejak  para wali, para santri mengikuti haul KH Syansuri di Tayu, Pati Jawa Tengah. “Kegiatan ziaroh ini  bagian proses menuntut ilmu di pondok pesantren sehingga mendapat berkah dari menuntut ilmu kelak,” tutur Agus Umar Zainal Arifin,  ketua panitia. 

Selama ziarah,  santri yang  juga  bersekolah MAN PK Denanyar, MAN 4 Denanyar, MAM (Muallimin Muallimat), MTsN Denanyar, penuh  semangat, namun tidak mengurangi makna khitmad ziarah. “Jadwal ziarah ini memang sangat padat. Tapi para santri bersyukur bisa ziaroh ke makam para waliyullah dan muasis,”  kata Heikal, salah satu santri  MANPK.

Ustad dan ustadzah memimpin dzikir, bersholawat, dan terus menerus menyebut nama Allah SWT sebelum mendoakan  para wali. Bukan hanya rombongan Santri Ponpes  Mamba’ul Ma’arif   yang berdzikir, bersholawat, membaca Al Qur’an di areal makam  wali, tapi para peziarah  lain melakukan hal yang sama. Sudah ratusan bahkan ribuan peziarah dari berbagai penjuru yang berdatangan dari berbagai penjuru.

Perjalanan yang menarik dan menantang bagi santri kala  menuju lokasi makan Sunan Muria. Jalannya di dataran tinggi Gunung Muria. Jika ditempuh jalan kaki, cukup melelahkan karena  jalan  menanjak. Ada angkutan umum berupa motor ojek.  Harus ekstra hati-hati. Tangan harus kuat  pegang body motor ketika  ojek  melaju di medan yang menanjak. Itu yang tidak kuat berjalan kaki.

Namun banyak santri yang pilih jalan kaki. Jalan kaki membuat nafas santri ngos-ngosan. Benar-benar  melelahkan saat  menuju areal makam Sunan Muria. Santri  dan pengasuh pondok berharap mendapat hikmah  setiap melakukan perjalanan spiritual seperti ini. (*)

Posting Komentar

 
Cakranews © 2016. All Rights Reserved. Shared by WpCoderX
Top