CAKRANEWS.NET, Ngawi – Pemerintah Kabupaten ngawi melalui  Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian menggelar Ngawi job Fair 2019 pada Rabu ( 25/09/2019 ). Bertempat di halaman Pendopo Widya Graha Kabupaten ngawi, kegiatan kali ini menyajikan ribuan lowongan pekerjaan dari berbagai perusahaan . 

Dibanding kegiatan sama sebelumnya, kali ini jumlah lowongan yang disajikan mengalami penurunan. Bila tahun sebelumnya menyajikan lebih dari 20 ribu, kali ini berkisar di angka 5000 lowongan kerja.
Berkurangnya lowongan pekerjaan yang disajikan kali ini lebih pada faktor pengurangan kuota untuk pasar luar negeri. Kali ini terpaut  jauh dari tahun sebelumnya dengan kuota lebih dari 15 ribu untuk Tenaga Kerja Indonesia ( TKI ) untuk pasar luar negeri.

Ditemui di stan panitia, Kepala Seksi ketenagakerjaan Dinas tenaga Kerja dan Perindustrian Kabupaten Ngawi mengatakan jumlah yang terlibat dalam kegiatan ini ada 40 perusahaan. “Kalo stannya ada 40, perusahaanya 40” Terang Karsi Rahayu.

Lebih lanjut dikatakannya, bahwa perusahaan yang terlibat kali ini berasal dari lokal dan luar daerah. “ Perusahaan Ngawi dan luar Kabupaten Ngawi. Ngawi 8 perusahaan. Yang lain tersebar, Surabaya, Malang, Sidoarjo. Solo juga ada.”

Karsi Rahayu
Selain jumlah lowongan pekerjaan, pencari kerja kali ini juga mengalami penurunan. Bila tahun sebelumnya membludak sampai pukul 15.45, kali ini terlihat sepi setelah pukul 13.00 WIB walaupun acara dilaksanakan sampai sore.

Pengunjung  kali ini  Justru didominasi anak sekolah dari berbagai tempat di Kabupaten Ngawi. Mereka datang rata – rata dari Sekolah Menengah Kejuruan. “Katanya ada program dari Dinas Tenaga kerja untuk sekolahan.” Terang salah satu siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri I ngawi.

Ditanya soal sosialisasi pra kegiatan, Karsi menjelaskan bila kegiatan kali ini di umumkan lewat grup.” Sosialisasi saya itu lewat grup BKK ( Bursa Kerja Khusus ). Dari grup Job Fair yang 2018 kemarin Juga ada. Dari Group Perusahaan, dari grup LPK, dari Group BKK juga ada.”

Kerumunan dan berjubelnya pengunjung kali ini tidak seperti tahun sebelumnya. Pendaftaran di buka lebih awal untuk menghindari gelombang pencari kerja yang berkelompok. “ sekarang mulai dari setengah delapan bisa masuk ke stan.” Pungkas Karsi. ( RYS )

Posting Komentar

 
Cakranews © 2016. All Rights Reserved. Shared by WpCoderX
Top