CAKRANEWS.NET – Kesadaran masyarakat Ngawi dalam bersedekah makanan mengalami peningkatan beberapa tahun terakhir. Hal itu dibuktikan dengan menjamurnya tempat – tempat penyaluran sedekah makanan di titik – titik keramaian maupun fasilitas umum.

Dalam penyaluran sedekah, donatur menghubungi koordinator atau menyalurkan langsung pada tempat khusus yang biasanya berupa etalase kaca pada titik - titik tertentu. Untuk penyaluran di tempat umum juga tidak terpaku waktu. Namun donatur biasa memilih waktu pada saat mendekati jam makan.

Sedang untuk penyaluran ada juga yang memanfaatkan hari tertentu seperti Jum’at. Titik – titik tujuan biasanya tempat keramaian yang banyak di lintasi warga maupun kawasan penduduk yang banyak dihuni kalangan bawah.

Diantara kegiatan sedekah rutin saat ini adalah Jum”at Sedekah. Kegiatan berbagi makanan dimaksud berada di masjid setelah sholat jum’at. Yang membedakan sedekah kali ini adalah donaturnya yang rata – rata aktif menyediakan makanan pada hari jum’at.

Seperti yang dilakukan Ali M di Masjid Baithul Iman misalnya. Pria Pensiunan Pegawai Negeri satu ini menjadi koordinator untuk sedekah jum’at. Ia mengelola ratusan bungkus nasi dari donatur untuk dibagikan pada jamaah Sholat Jum’at di masjid yang berada di depan Samsat Kabupaten Ngawi.

“Kepengurusan Sedekah Jumat ini sudah ada sejak 13 Juli 2018. Dan Kegiatannya rutin setiap  hari jum'at.  Kebetulan untuk pelaksanaan saya sebagai koordinator. Sedangkan untuk penasehatnya Pak Ony ( Ony Anwar ST Wakil Bupati Ngawi ) sekaligus sebagai donatur tetap. Untuk Baithul Iman biasanya disediakan sekitar 300 bungkus.” Terangnya.

Lebih lanjut Ali menerangkan bahwa kegiatan  sama ada di beberapa titik. Namun ia mengkhususkan untuk mengelola Jum’at Sedekah di Baithul Iman. “ Kegiatan Jum’at Sedekah memang ada di beberapa titik. Tapi saya fokus disini ( Baithul Iman ).”

Kegiatan Jum’at Sedekah selain memiliki donatur tetap juga terbuka untuk umum. Dalam penerimaan sedekah bisa berupa barang maupun dalam bentuk uang. Ali juga berpesan bila ada yang berminat untuk bersedekah bisa menghubunginya lewat 0821 4150 5917. (RYS)

Posting Komentar

 
Cakranews © 2016. All Rights Reserved. Shared by WpCoderX
Top