Laporan Dari Negeri Tirai Bambu: Ust. Samsul Hadi, 
Kontributor Cakranews.Net/Dosen STIT Islamiyah Karya Pembangunan  Ngawi

Masjid Rutinan Istighosah dan Yasinan 

Selain  orangnya ramah-ramah, suasana  Masjid Huaisheng tentram, sunyi, dan  bangunanya klasik. . Saya hanya senyum  dan  mengandalkan  jurus pamungkas   bahasa isyarat ketika berkomunikasi dengan warga muslim setempat.    Saya sendiri tidak bisa berhasa mandarin, lagi pula mereka  jarang yang berbahasa Inggris.

Moment  kunjungan  ke negeri tirai bambu  kali ini benar-benar saya memanfaatkan untuk menyalurkan  keingintahuan saya terhadap  warga muslim yang hidup di negara yang mayoratitasnya bukan muslim. 

Bagi saya, berkunjung ke masjid Huaisheng menjadi moment tersendiri. Selain arsitekturnya yang unik, warga seputarnya sangat ramah dan santun. Mereka benar - benar menerapkan ajaran islam dalam kehidupan sehari - hari.

Tak segan-segan warga  muslim  sekitar  masjid  meminjamkan sarung, baju gamis ketika ada pengunjung ingin sholat di masjid tetapi tidak  bawa sarung atau celana panjang. Itupun gratis. Mereka  tidak  menggunakan aji mumpung, atau memanfaatkan pengunjung dalam kesempitan.  Mereka meminjami dengan suka hati dan suka rela. 

Di sekeliling Masjid ada tempat penjualan makanan halal, terbuka untuk siapapun, dari latar belakang agama  apapun. Taman masjid cukup asri.  ada prasasti kuno bertuliskan huruf Cina. Benar-benar ‘makcles’, damai berada  di masjid  yang menjadi  pusat dakwah di  Tiongkok. Di atas gerbang terdapat tulisan Arab.

Ahong, salah seorang pengurus masjid sehari hari bertugas sebagai pelaksana kegiatn rutin masjid, saya mendapat informasi cukup banyak tentang masjid Huaisheng.  Kegiatan masjid tidak jauh beda dengan  masjid di Indonesia yang  fikrah,  amaliyah-nya, harakahnya  mengikuti Nahdlatul Ulama. Setidaknya, saya ada gambaran kegiatan masjid.  Mereka juga istighosah, yasinan dan lainnya. 


Belum puas di masjid Huaisheng, hari ini juga saya harus bergeser menuju kota Shenzen. Semoga Masjid Huaisheng dimakmurkan dan terus menjadi pusat kegiatan Islam di negeri tembok raksasa.. ( Habis)

Posting Komentar

 
Cakranews © 2016. All Rights Reserved. Shared by WpCoderX
Top