* Tas Anyaman Hasil Karya Ibu-Ibu

Laporan: Tri Vita Y, Mahasiswi /Cakra Menulis Club



CAKRANEWS.NET, NGAWI--Sadar atau tidak, sekarang industri kreatif  terus bergerak dari dusun ke dusun. Buktinya warga Dukuh Jatiarum Dusun Nanggal Desa Babadan Kec. Paron  merintis kerajinan tangan berupa tas anyaman berbahan plastik kaca. Al hasil, warga memperoleh tambahan  pendapatan dari kegiatan itu.  

Jelasnya, dari kerajinan  tas plastik sangat bermanfaat  bagi warga.  Kreatifitas warga muncul,   membantu  masalah  penggangguran  dan menudukung .kemajuan desa      .“Kita berupaya meningkatkan ekonomi  dengan   keterampilan dan kreatifitas yang produktif,” ujar Sulasin Aktivis Program Keluarga Harapan (PKH).

Warga dusun  yang biasanya tidak ada kegiatan setelah menggarap sawah,  hanya duduk-duduk di rumah  dan  praktis menganggur, maka dengan kegiatan kerajinan tangan  jadi lebih kreatif. Waktu luang digunakan  ke hal produktif mengerjakan kerajinan  tas anyaman.  “ Ini yang dilakukan oleh keluarga harapan  di dusun sini,” ujarnya.

Di kancah  nasional, keberadaan industri kreatif  sudah  sangat dipercaya  mampu memberi kontribusi besar bagi  perekonomian. Bahkan  potensi  industri kreatif   masih  banyak peluang untuk digali dan dikembangkan . Sudah tepat jika kerajian anyaman plastik  dikembangkan warga dusun. “Suatu industri kreatif tida bisa berkembang  jika tidak ada SDM-nya.  Pemerintah pun juga mulai mengeluarkan kebijakan-kebijakan baru untuk memperbaiki kondisi ekonomi masyarakat,”  katanya.

Dia menjelaskan, warga tidak  perlu  memasarkan sendiri hasil kerajinannya.  Karena  sudah diambil oleh pemasok  bahan plastik untuk membuat tas anyaman plastik. Hasil kerajinan diambil pemasok, Lantas  dijual ke penyalur dan konsumen. Jadi pengrajin tinggal fokus pada produksi tas anyamannya. “Yang  pasti program kerajinan ts ini  memanfaatkan keterampilan, kreatifitas dan bakat perorangan.  Jadi ini sangat cocok untuk ibu-ibu  untuk mengisi mengisi waktu luang. Dan dapat hasil,” kata Sulasin, yang menjelaskan PKH di Dusun dibentuk  sejak 2013. (*)
           


Posting Komentar

 
Cakranews © 2016. All Rights Reserved. Shared by WpCoderX
Top