CAKRANEWS.NET - Pada hari Raya Idhul Adha, umumnya setiap keluarga mendapat bagian daging dari penyembelihan hewan kurban. Hal tersebut bukan lagi sesuatu yang asing pada masyarakat saat ini mengingat tingkat kesadaran bersedekah dan tingkat kemapanan ekonomi cukup merata.

Namun dengan melimpahnya daging dari penyembelihan hewan kurban yang dibagikan ke masyarakat juga perlu mendapat perhatian. Itu terkait dengan kandungan Kolesterol dalam daging yang berdampak pada gangguan kesehatan.

Kolesterol memang penting untuk kebutuhan tubuh manusia, tapi tanpa asupan kolesterol secara khusus tubuh manusia sudah terpenuhi oleh organ hati sekitar 80%. Sedang kekurangan 20% dapat ducukupi dengan asupan makanan.

Namun hal itu tidak  disadari  banyak orang. Mereka sering mengesampingkan  dalam menjaga kandungan Kolesterol pada pola makan. Padahal tingginya kandungan Kolesterol dalam tubuh umumnya disebabkan  makanan dan gaya hidup. Ini yang menjadi persoalan utama namun tidak disadari banyak orang.

Tubuh seseorang bisa dikatakan memeiliki kadar kolesterol dalam jumlah normal jika kandungannya 160-200 Mg. Dan bila kandungan Kolesterol sudah di atas 250 mg masuk kategori bahaya karena dapat menyebabkan gangguan kesehatan.

Kondisi tubuh yang memiliki kandungan Kolesterol tinggi kadang tidak menunjukkan gejala khusus. Namun ciri – ciri  orang yang memiliki Kolesterol tinggi dapat dideteksi secara umum :
1.       Rasa sakit atau pegal di tengkuk kepala bagian belakang.
2.       Pegal – pegal diarea pundak.
3.       Kaki bengkak
4.       Mudah lelah
5.       Gampang mengantuk.

Namun cara Paling akurat untuk mengetahui kandungan Kolesterol dalam tubuh adalah dengan cara tes laboratorium. Jika kadar kolesterol sudah mencapai lebih 250 Mg sebaiknya segera menurunkan dengan mengurangi atau membatasi dengan makanan yang menjadi pantangan.

Sedangkan dampak dari tingginya kandungan Kolesterol pada tubuh beresiko pada gannguan  jantung. Selain itu gumpalan – gumpalan Kolesterol juga dapat menyumbat aliran darah sehingga yang bisa memicu serangan jantung atau stroke. ( RYS )

Posting Komentar

 
Cakranews © 2016. All Rights Reserved. Shared by WpCoderX
Top